Dinkes Bagikan Minuman Tradisional

Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi

COGANEWS.COM | Sekayu – Peraturan mengenai Protokol Kesehatan (Prokes) hingga kini terus disosialisasikan ke tengah masyarakat, terutama mengenakan masker. Selain itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi Banyuasin memberikan minuman tradisional, serta rebusan daun sungkai.

Hal itu dilakukan, bertujuan agar meningkatkan daya than tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit yang menular.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, dr H Azmi Dariusmansyah MARS, mengatakan, Dinkes melalui bidang pelayanan kesehatan seksi pelayanan primer dan tradisional, melakukan salah salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman tradisional seperti jamu empon -empon. Rebusan daun sungkai yang menurut penelitian efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit menular,” imbuhnya

Lanjutnya, minuman tradisional, di tengah masa pandemi COVID-19 Dinkes melakukan sosialisasi ke puskesmas untuk menggunakan obat obat tradisional, yang tujuannya untuk peningkatan antibodi.

“Ini kita secara rutin memberikan bantuan minuman tradisional seperti empon – empon dan rebusan daun sungkai untuk pasien di gedung sehat dan juga untuk tenaga kesehatan yang bertugas di gedung sehat,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengingatkan, agar tetap terus menjalankan protokol kesehatan dengan 3M menggunakan Masker, Mencuci tangan sesering mungkin dan Menjaga jarak.

“Satu hal yang perlu dilakukan dan ini sangat penting adalah jaga imunitas tubuh dengan rutin mengkonsumsi minuman tradisional dan olahraga secara teratur semoga pandemi ini segera berakhir dan tetap jaga kesehatan,” imbuhnya

Terpisah, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, di tengah wabah Pandemi COVID-19 ini, ia tidak henti – hentinya mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan mendisiplinkan diri dalam menghadapi wabah tersebut.

“Mari kita bersabar, tetap semangat berjuang. Ini pasti berlalu. Sekarang kita harus tetap waspada,” ujar orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini.

Lebih lanjut Dodi mengatakan, masyarakat diminta untuk berperan serta dan aktif dalam hal pencegahan penyebaran, dimulai dari pendisiplinan diri sendiri dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ayo sama-sama kita mencegah penyebaran. Mulai sekarang berdisiplinlah,” ajak Dodi.

Berbagai upaya, telah dilakukan termasuk meringankan beban masyarakat terdampak COVID – 19 dengan memberikan bantuan. Bantuan itu diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah, baik berupa uang maupun sembako.

“Ada optimisme yang harus kita jaga kalau tahun depan ada kegiatan, tentu Protokol Kesehatannya sudah jauh lebih baik, harus diatur semuanya. Mulai dari sekarang berdisiplin. Ayo kita cegah penyebaran, supaya tahun depan kita bisa memulai lagi berbagai kegiatan,” tukasnya. (Rill)