Oleh : Hafid Zainul (1730503102)
DPL : Budhi Santoso, M.A. 

COGANEWS.COM | Palembang – Pada awal tahun 2020, infeksi 2019-nCoV menjadi masalah kesehatan dunia. Kasus ini diawali dengan informasi dari Badan Kesehatan Dunia atau lebih dikenal dengan World Health Organization (WHO), yang pada tanggal 31 Desember 2019 menyebutkan adanya kasus kluster pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Kasus ini terus berkembang hingga akhirnya diketahui bahwa penyebab kluster pneumonia ini adalah novel coronavirus. Dan, terus berkembang hingga adanya laporan kematian dan terjadi importasi di luar China.

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah virus corona. Virus ini diperkirakan menyebar dari orang ke orang, seperti orang yang bersentuhan erat satu sama lain dalam jarak sekitar enam kaki.

Dilansir dari laman Kemenkes, beberapa ciri-ciri orang terinfeksi virus corona antara lain, demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, dan fisik lesu.

Adapun langkah-langkah pencegahan dari virus corona, sebagai berikut :

  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, atau setelah batuk, dan bersin.

Jika air dan sabun tidak tersedia, gunakan hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol. Tindakan pencegahan ini dianggap lebih efektif untuk membunuh kuman, bakteri, termasuk virus corona.

Cuci tangan merupakan langkah yang disarankan oleh banyak pihak, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia.

  • Kedua, tutup mulut saat bersin dan batuk dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.

Jangan tutup mulut saat batuk dan bersin menggunakan tangan.

  • Ketiga, memakai masker. Penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus corona.

Sebab, virus corona dapat menyebar melalui droplet dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir seperti mata, hidung, dan mulut.

Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Hindari untuk menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Karena, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.

  • Keempat, jangan terlalu sering memegang area mata, hidung, dan mulut.

Telah diketahui bahwa tangan dapat menjadi sumber penyakit, sebab sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain. Sementara itu, virus corona disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung, dan mulut.

Maka, hindari untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Apabila terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

  • Kelima, hindari interaksi secara langsung.

Cara sederhana guna menangkal virus corona adalah hindari interaksi secara langsung seperti berpelukan, berjabat tangan, dan lain sebagainya. Dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain, maka dapat mengurangi penyebaran virus corona.

  • Keenam, jaga jarak. 

Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, satu langkah mencegah terinfeksi virus corona.

Jaga jarak dengan orang lain sekitar satu meter. Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun bisa Anda terapkan.

  • Ketujuh, bersihkan dan lakukan disinfeksi pada tempat atau benda yang sering disentuh setiap hari.

Di antaranya meja, gagang pintu, sakelar lampu, gagang meja, telepon, keyboard, toilet, keran, dan bak cuci. Jika permukaannya kotor langsung bersihkan dengan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum disinfeksi.

  • Kedelapan, cuci bahan makanan.

Cuci selalu bahan makanan yang diperoleh sebelum mengolahnya. Sebab, pada bahan makanan selalu saja terdapat kemungkinan adanya kuman, bakteri, hingga virus corona.

Cuci bahan makanan sebelum disimpan di dalam lemari pendingin dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida ataupun cuka yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus dengan cukup efektif.

  • Terakhir, tetap jaga imunitas tubuh.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk jaga serta meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Budayakan gaya hidup sehat dan bersih. (ZH)

(Opini ini ditulis oleh Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang sedang mengikuti KKN-73)